BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates

Research Group

wcuSecara umum, perguruan tinggi dikategorikan dalam dua kategori besar, yakni:
TEACHING UNIVERSITY adalah universitas yang mengedepankan aktivitas pembelajaran dalam kegiatan akademik, menerapkan prinsip teaching more and research less. Semua civitas akademika berada dalam atmosfir pembelajaran dan proses untuk menghasilkan learning innovation dan lulusan yang profesional. Ciri utamanya adalah lebih banyak jumlah undergraduate students dibandingkan postgraduate students.
ESEARCH UNIVERSITY adalah universitas yang mengedepankan aktivitas penelitian dalam kegiatan akademik, menerapkan prinsip teaching less and research more. Semua civitas akademika berada dalam atmosfir reasearch dan proses untuk menghasilkan hasil-hasil temuan baru (novelty) yang berupa publikasi, HAKI atau PATENT. Ciri utamanya adalah lebih banyak jumlah postgraduate students dibandingkan dengan undergraduate students.
Untuk mewujudkan Research University, dibutuhkan kekuatan penelitian dalam kelompok kajian (Research Group). RESEARCH GROUP adalah kelompok peneliti yang bekerja dalam bidang kajian tertentu untuk menyelesaikan masalah-masalah terkait, dari yang sederhana sampai kompleks, dari hulu sampai hilir dan bekerja secara profesional untuk menghasilkan publikasi, HAKI atau Paten dengan tingkat novelty (kebaharuan) yang tinggi. Berikut ini diberikan syarat pembentukan Research Group.
syarat-research-group-3
prinsip-research-group

Berikut contoh Research Group yang sudah mempunyai aktivitas penelitian yang intensif:

  1. CDAST (Central for Development Advance Science and Technology)
  2. CGANT (Combinatorics Graph Theory and Network Topology)